Rafli Kembali Laksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan -->

Rafli Kembali Laksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Thursday, 4 August 2022


Banda Aceh - Anggota MPR RI Rafli ( FPKS ) lakukakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada sejumlah Organiasasi Kepemudaan pada kamis 4 Agustus 2022, di Banda Aceh.


Sosialisasi yang di warnai dengan tanya jawab tersebut, memaparkan sejumlah aspirasi di harapkan oleh peserta seperti persoalan sosial, hingga ekonomi.


Rafli juga mengatakan pihaknya terus mendorong pengmbangan sektor UMKM. Peran pemerintah juga diperlukan dalam pendampingan terhadap UMKM tersebut.


 “Harapan kami, UMKM sebagai penggerak ekonomi, dapat terus bertahan meski selama ini didera mahalnya bahan baku" Kata salah satu peserta, Firdaus.

"Harus kita selesaikan di hulunya, yakni konstitusi kita," Kata Rafli

"Pancasila adalah norma fundamental negara dalam mengurus kepentingan rakyat, termasuk ekonomi. Pancasila merupakan falsafah yang sudah semestinya menjadi menjadi pedoman bagi negara dalam mengambil keputusan" tambahnya.


Empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika merupakan landasan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.

Sosialisasi tersebut diharapkan menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan.

Konstitusionalisme mengatur dua hubungan yang saling berkaitan satu sama lain, yaitu hubungan antara pemerintah dengan warga negara.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan menjadi sarana yang baik dalam rangka membangun kesadaran bersama di tengah-tengah masyarakat akan perlunya pengamalan terhadap Pilar Pancasila, Pilar UUD 1945, Pilar NKRI, dan Pilar Bhinneka Tunggal Ika yang mulai terlupa pemaknaan dan pengamalannya di kehidupan berbangsa dan bernegara.