Gandeng Kemenkop UKM RI, Rafli Fasilitasi Pelatihan Pengembangan Usaha Mikro di Aceh -->

Gandeng Kemenkop UKM RI, Rafli Fasilitasi Pelatihan Pengembangan Usaha Mikro di Aceh

Monday, 6 September 2021


Banda Aceh -  Anggota DPR RI Rafli bersama Kementerian Koperasi dan UKM laksanakan Program strategis Kementerian Koperasi dan UKM dalam Pemberdayaan Koperasi dan UMKM khususnya pada sektor Usaha Mikro berupa Pelatihan E - Comerce bagi pelaku usaha perikanan dan peternakan.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, M Nurdin S.Sos, saat membuka secara resmi kegiatan Pelatihan E-Commerce yang berlangsung 06 - 08 September 2021 di kota Banda Aceh.


"Kegiatan pelatihan e-commerce ini diawali dari usulan surat dari Bapak Rafli (ánggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi PKS) yang mengajukan Permohonan Pelatihan E-Commerce Bagi Usaha Mikro dalam upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui peningkatan softskill pelaku usaha mikro yang nantinya dapat meningkatkkan kemampuan para pelaku usaha mikro dalam memasarkan produk/jasanya dengan memanfaatkan tekhnologi" Ujar Nurdin


Menurut Hariyanto, "Pelatihan E-Commerce bagi Usaha Mikro Sektor Perikanan/Peternakan diharapkan dapat mampu meningkatkan dan memperluas jangkauan pemasaran dari nilai produk yang dihasilkan guna mendorong dan memotivasi pelaku usaha mikro khususnya sektor perikanan/peternakan seperti: ikan asap, abon, sosis, kornet dan sebagainya agar dapat tumbuh dan berkembang dalam meningkatkan produktivitas usahanya dengan tujuan membantu dan menumbuh kembangkan usaha dan penigkatan kualitas usaha para pelaku UMKM di Kota Banda Aceh serta meningkatkan kemampuan teknis dan mengaplikasikan hasil pelatihan secara riil di bidang usahanya di masa Pandemi Covid-19"


Materi pelatihan yang diberikan kepada pulahan peserta itu berkaitan pemasaran produk yang efektif dan efisien serta strategi pemasaran secara online dimana diharapkan peserta mempunyai toko online sendiri dalam memasarkan produk hasil olahan perikanan/peternakan.

Legislatif asal Aceh Rafli juga berharap "agar Usaha Mikro sektor Pengolahan Perikanan dan peternakan agar terus dikembangkan  di Aceh. Dengan menghasilkan produk turunan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Serta mengharapkan kepada Kementerian Koperasi dan UKM RI memperbanyak program pelatihan di Aceh, sebagai langkah peningkatan SDM dan peningkatan hasil para pelaku usaha mikro dan UKM" Ujar Rafli melalui staff nya, Usuludin, di lokasi kegiatan.

Turut hadir pada pembukaan tadi, Perwakilan Dapil Legislatif Rafli Anggota Komisi VI DPR RI, Walikota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE. Ak. MM, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, Bapak M. Nurdin, S.Sos, Para Narasumber dan Instruktur Pelatihan, Para Peserta Pelatihan.