Gempa Laut Selatan Jawa, Tidak Ada Tsunami -->

Gempa Laut Selatan Jawa, Tidak Ada Tsunami

Wednesday, 20 January 2021

Jakarta - Gempa terkini datang dari laut selatan Jawa, tepatnya 116 kilometer barat daya Gunung Kidul, Yogyakarta, Rabu 20 januari 2021, pukul 03.10 WIB. Gempa berkekuatan 5,0 Magnitudo, bersumber dari kedalaman 17 kilometer.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG dalam info yang dibagikannya di situs web maupun akun media sosial Twitter telah memastikan tak ada potensi tsunami. Tidak ada keterangan mengenai intensitas gempa dalam skala MMI, selain hanya disebutkan sebagai gempa terkini dengan kekuatan lebih atau sama dengan 5,0 M.

Dilansir Media Tempo Meski begitu sejumlah netizen mengaku bisa merasakan gempa itu. Mereka ada yang mengaku berdomisili di Gunung Kidul, Bantul, juga Pacitan dan Ponorogo di Jawa Timur. "Pantes kerasa banget, lha pusat dan lokasi aku di GK. Semoga tidak ada gempa susulan," seperti dicuitkan @Reyz_MyNick.

Sebelumnya, pada Selasa sore, pukul 16.52 WIB, gempa dari laut juga tercatat terjadi di daerah Priangan Timur. Gempa bermagnitudo 3,5 ini terasa oleh sebagian warga di Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan skala intensitas II-III MMI. Guncangan membuat benda-benda yang digantung bergoyang hingga getarannya terasa di dalam rumah seakan ada truk yang melintas. 

Menurut keterangan BMKG yang disampaikan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho secara tertulis, pusat sumber atau episenter gempa berlokasi di laut pada jarak 78 kilometer arah barat daya Kabupaten Pangandaran,” katanya.

Adapun gempa di Gunung Kidul sebelumnya, di antaranya, terjadi pada 7 Januari lalu. Saat itu BMKG mencatat gempa juga bersumber dari laut, 89 kilometer barat daya Gunung Kidul. Kekuatannya terukur 4,6 Magnitudo dengan intensitas guncangan yang bisa dirasakan setara skala III MMI di Gunung Kidul dan juga Pacitan di Jawa Timur.