Rafli Kunker Ke Pasar Tradisional Lambaro -->

Rafli Kunker Ke Pasar Tradisional Lambaro

Wednesday, 15 July 2020

Banda Aceh - Setiap masa persidangan anggota DPR RI melakukan kunjungan kerja perseorangan di luar ke daerah pemilihan  (dapil). Kunjungan kerja perseorangan di luar pada masa sidang ke-2 tahun 2019 - 2020 diselenggarakan berdasarkan peraturan DPR RI.

Secara khusus Kunjungan spesifik dan inspeksi mendadak yang dilakukan anggota DPR RI Rafli, ke pasar tradisional Lambaro Aceh Besar, Aceh untuk melihat kondisi terdapat masalah  yang mendesak atau kejadian luar biasa seperti yang terjadi saat ini yaitu wabah covid19 yang melanda seluruh pelosok Indonesia bahkan dunia.  Pandemi covid19 ini banyak terjadi perubahan ditengah masyarakat yang berdampak pada ketidakstabilan pangan,ekonomi dan lain-lain. 

Kunjungan yang berlangsung selama  27 April  s/d 29 April  2020 itu berhasil menginventarisir 
banyak permasalahan

Menurut Rafli  "Di tengah masyarakat khususnya kebutuhan pokok di pasar. Harga harga bahan pokok mulai naik drastis akibat masyarakat banyak menumpuk atau menimbun berbagai bahan pokok karena khawatir akan terjadi lockdown secara besar-besaran. selain itu juga permainan harga oleh para pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang sangat tinggi. Masalah lain juga terjadi karena kehabisan stok bahan pokok" Ujarnya

Lanjutnya "Langkah antisipasi yang juga penting adalah penguatan cadangan pangan pemerintah di provinsi/kabupaten dan lumbung pangan masyarakat.  Pemerintah perlu menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok. Khususnya di Aceh pemerintah harus membuka ruang akses atau au mengimpor langsung gula ke Aceh jangan lagi melalui Sumatera Utara karena harganya bisa naik dua kali lipat" 

Hasil pengawasan   termasuk aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dalam kunjungan  kerja spesifik ini nantinya  diserahkan kepada komisi terkait, instansi Pemerintah, dan pihak lain dapat ditinak lanjuti.  sehingga berbagai persoalan dan permasalahan yang sudah disampaiksan dapat segera teratasi dan masyarkat dapat kembali mendapatkan kemudahan dan kenyamanan serta stabilmya harga bahan pokok.