Inggris dan Kanada Galang Dana Bantuan Hukum Untuk Wartawan -->

Inggris dan Kanada Galang Dana Bantuan Hukum Untuk Wartawan

Thursday, 11 July 2019

London - Inggris dan Kanada mengumpulkan dana, Rabu (10/7), untuk melatih dan memberi dukungan hukum bagi wartawan yang mengalami ancaman di seluruh dunia.

Kedua negara berharap negara-negara lain juga akan menyumbang ke Global Media Defense Fund atau Dana Pembela Media Dunia, yang akan dikelola oleh UNESCO. Inggris menyumbang sekitar $ 3,8 juta, dan Kanada $ 765.000.

Inggris juga mengumumkan akan meluncurkan program terpisah senilai $18,8 juta untuk melawan yang dinilai sebagai krisis yang berkembang bagi media independen di seluruh dunia.
Dana baru itu diumumkan dalam pidato utama oleh Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt di Konferensi Dunia untuk Kebebasan Media di London. Konferensi yang berlanjut hingga Kamis (11/7) itu, diselenggarakan bersama oleh Kanada dan Inggris.

Dalam pidatonya, Hunt menceritakan kisah reporter Francisco Romero Díaz, yang dibunuh pada Mei di Meksiko selatan, untuk menggambarkan bahaya yang dihadapi oleh semakin banyak wartawan setiap tahun. Tahun lalu, kata Hunt, hampir 100 wartawan terbunuh - lebih dari dua kali jumlah jurnalis yang tewas per tahun satu dasawarsa lalu. [ps/pp]