Plt Nova Iriansyah Menganggarkan Dana Besar Untuk Wali Nanggroe -->

Plt Nova Iriansyah Menganggarkan Dana Besar Untuk Wali Nanggroe

Monday, 20 May 2019

Banda Aceh - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah diduga berhasil menganggarkan dana yang sangat besar secara ilegal untuk Lembaga Wali Nanggroe (LWN), kendati beberapa surat terkait dari Plt kepada Mendagri disinyalir sudah diabaikan. 

Penelusuran Media ini, Plt Nova Pernah mengajukan surat bernomor 821.29/30367 tanggal 17 Desember 2018, ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) perihal pengisian jabatan Wali Nanggroe Aceh dan Fasilitasi Administrasi dan Keuangan Pasca Berakhirnya Masa Jabatan Wali Nanggroe Ke IX, namun tidak direspon karena menyalahi Qanun tata cara pemilihan Wali Nanggroe. 


Tidak berhenti disitu, Kemudian Plt Nova menerbitkan Peraturan Gubernur Aceh bernomor 840/834/2019, tentang Pemberian Tunjangan Kepada Wali Nanggroe Priode 2018 - 2023 yang tidak sesuai peruntukannya, mengingat Wali Nanggroe Malik Mahmud Al Haytar dilantik kembali diluar aturan berlaku di Aceh.

Tunjangan sebagaimana tertera dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Aceh yang ditandatangani dan ditetapkan di Banda Aceh pada tanggal 24 April 2019 dan berlaku berlaku mulai 1 Januari 2019 tersebut berupa ; tunjungan representatif, tunjangan jabatan, tunjangan asuransi, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, dan tunjangan pakaian dinas.

Dalam peraturan itu juga disebutkan Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al Haytar akan diberikan sesuai standar anggaran Pemerintah Aceh, Tahun Anggaran berkenaan, dan satuan biaya perjalananan dinas yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA). (R1)