Banjir Terjang Sigi, Sulawesi Tengah -->

Banjir Terjang Sigi, Sulawesi Tengah

Monday, 29 April 2019



Banjir bandang menghantam permukiman penduduk di Desa Balongga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (28/4). Puluhan rumah rusak dihantam air bercampur lumpur dari perbukitan.

Sekitar pukul 17.00 WITA, air tiba-tiba datang dari hulu sungai dan masuk ke permukiman warga di desa setempat. "Saya mendengar suara cukup keras dari atas, Balongga, saat dihubungi pada Minggu malam (28/4). ternyata air bah, langsung menerjang kampung," kata Anty, warga Desa

Adapun daerah terparah yang terkena dampak banjir adalah RT III Desa Balongga. Hingga
berita ini diturunkan, material kayu, batu, serta lumpur masih menggenangi permukiman warga di Desa Balongga.

Sementara itu, ratusan orang dikabarkan sudah mengungsi ke tempat aman. Kepala Desa Balongga, Bahri, mengatakan sampai Minggu malam (28/4), warga masih membersihkan sejumlah rumah yang terendam banjir.

"Iya benar, masih membersihkan rumah yang terendam banjir," kata dia. Selain itu, banjir juga terjadi di Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, sekitar pukul 19.15 WITA, Minggu (28/4). Listrik di kawasan tersebut pun padam. Menurut penuturan warga, diperkirakan ratusan rumah di sana rusak akibat diterjang banjir.


Ketua RT 02 Desa Bangga, Dewi, mengatakan banjir kali ini cukup parah, bahkan jembatan di Desa Bangga yang melintasi Sungai Ore itu nyaris roboh. Kini, dinding pembatas jembatan itu sudah hilang disapu banjir. Tanggul penahan air juga jebol dan tiang listrik roboh."Kami lagi berlari menyelamatkan diri ke lapangan Padena (tempat ketinggian), air yang datang ini sangat besar sekali," katanya saat dihubungi.


Kepala Desa Bangga, Hairudin, mengatakan dirinya telah mengimbau kepada warga desa setempat untuk meninggalkan lokasi yang rawan dan mengungsi ke tempat aman. Sementara itu, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir kali ini. Namun, suasanadi Desa Bangga, hingga berita ini diturunkan, dalam kondisi gelap gulita.