Pramuka Peduli Bireuen Laksanakan Simulasi Penanggulangan Bencana -->

Pramuka Peduli Bireuen Laksanakan Simulasi Penanggulangan Bencana

Sunday, 23 September 2018

Peserta melakukan salah satu simulasi secara bergiliran setiap sangga

Bireuen - Peran Gerakan Pramuka dalam  mengedukasi masyarakat mengurangi resiko bencana yang kerap terjadi diluar dugaan sangat membantu tugas  Pemerintah, kali ini latihan dasar penanggulangan bencana dan simulasi kebencanaan dilaksanakan suka rela oleh korp Satuan Tugas Pramuka Peduli  Penanggulangan Bencana Kwarcab Bireuen, Aceh.

Relawan Pramuka itu mengadakan giat pendidikan dan latihan bagi pramuka Penegak sekaligus pelantikan unit Pramuka Peduli Kwarcab setempat, berlangsung 21-23 September 2018 di kompleks GOR Kabupaten Bireuen.

Kegiatan perkemahan Jum'at, Sabtu, minggu  (Perjusami) itu dirangkum dalam bentuk simulasi bencana, diawali dengan ceremonial pengenalan Pramuka Peduli kepada pramuka penegak.

Ketua satgas Pramuka Peduli Bireuen, Khairul Umam, sabtu (22/9) mengatakan "Kegiatan ini kita maksudkan untuk mengedukasi setiap individu agar tanggap terhadap bencana yang mungkin terjadi kapan saja, mengingat pulau yang kita huni berada di ring of fire.

"Selama tiga hari ini (21-23/9) kita berbagi praktek pengetahuan kebencanaan untuk Pramuka Penegak Se Kwarcab Bireuen, berupa medist firts responder, management resiko bencana, teknik evakuasi, assesment, management penanggulangan bencana, serta simulasi kebencanaan" ujarnya

Tambahnya, "Dengan kegiatan ini kita harapkan Pramuka Penegak yang nantinya kembali ke masyarakat mampu menerapkan aksi tanggap darurat dan menanggulangi minimal dirinya, jika sewaktu-waktu terjadi bencana, guna mengurangi dampak buruk yang timbul akibat  bencana" Tutup umam

Pantauan media ini sabtu malam (22/9) dibantu profesional sar, sekitar seratusan Pramuka berkemah, melakukan praktek simulasi penanggulangan bencana hingga jelang dini hari, kemudian dilanjutkan giat kesiapsiagaan yang juga bagian dari simulasi kebencanaan dilaksakan jelang subuh seusai peserta beristirahat malam. (R1)