Pramuka SMKN 1 Bireuen Ekspedisi Gunung Burni Telong -->

Pramuka SMKN 1 Bireuen Ekspedisi Gunung Burni Telong

Tuesday, 20 March 2018

M.Firdaus, Darul Qudni, Reza hafid, Eka Maha Putra
Redelong - Salah satu tempat yang memiliki potensi ekowisata adalah Gunung Burni Telong. Burni Telong merupakan gunung api aktif (2.646 mdpl) yang berada di Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh.

Gunung yang tercatat lima kali meletus hebat dari 1837-1924 itu bisa didaki melalui Gampong/Kampung Rembune, Kecamatan Timang Gajah. Gampong itu berjarak sekitar 300 kilometer atau 6-7 jam perjalanan darat ke arah selatan dari Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh.

Burni Telong memiliki jalur pendakiannya yang tak terlalu panjang, yakni sekitar 4 kilometer atau 4-5 jam dari Gampong Rembune hingga ke puncak, sehingga cocok di daki oleh semua kalangan.

Seperti yang dilakukan oleh 4 siswa SMK N 1 Bireuen beserta Pembina Pramuka nya, sebagai upaya menamkan cinta terhadap alam, dan memupuk rasa nasionalis mereka memilih mengisi libur panjang 16-18 Maret 2018 dengan menikmati eksotisnya alam Burni Telong , Bener Meriah.

Ke empat Siswa itu di pandu oleh Habib Rahmadani dan Rahmad Hidayat sebagai pembina Pramuka Gudep setempat yang sudah terbiasa membawa peserta didik belajar dialam bebas.

"Kegiatan ini sebagai upaya menanamkan cinta terhadap alam, memupuk solidaritas, dan rasa nasionalis" kata Rahmad

Habib yang sudah mendaki berbagai gunung di Indonesia juga seorang pembina Pramuka asal Sumatera Utara, namun sudah sejak lama berkiprah bersama Pramuka Bireuen Aceh, mengaku senang bisa berbagai pengalaman dengan peserta didik Pramuka SMK N 1 Bireuen.

"Senang, bisa berbagi dengan adik-adik Pramuka Bireuen. Selama bersama-sama melakukan pendakian ke puncak Gunung Burni Telong, mereka terlihat semangat tanpa mengeluh walaupun medannya berat untuk usia mereka. Ini sebagai bentuk dari latihan menyadarkan diri, menempa diri, dan proses berjuang menggapai cita-cita "ungkap Habib (R)