6 Pembina Pramuka Asal Aceh Dilatih "Mahir" di Sumut -->

6 Pembina Pramuka Asal Aceh Dilatih "Mahir" di Sumut

Thursday, 31 August 2017

Medan - Enam Anggota dewasa jajaran Kwartir Daerah Pramuka Aceh terdiri dari Satu Ka. Mabigus, empat Pembina dan satu calon Pembina Pramuka asal Kwarcab Bireuen, Aceh, mendapatkan Pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML) bersama para pembina Pramuka otoritas Kwartir daerah (Kwarda) SUMUT, di Pusdiklatcab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan.

Kemasan kegiatan Pelatihan dalam dan luar ruangan bernuansa perkemahan sebagai alat pendidikan itu berlangsung 26-31 Agustus 2017 di bumi perkemahan cadika Pramuka kota medan, Sumatera Utara.

Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (PUSDIKLAT) Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Medan, Abdul Khair Lubis SH MM, Kepada wartawan mengatakan "Peserta Kursus 
Sebanyak 28 Orang, masing-masing 12 peserta untuk KML dan 14 Peserta untuk KMD. Berasal dari Kwarcab kota Medan, Sibolga, Serdang Bedagai, dan khusus 6 orang dari Kwarcab Bireuen, Aceh" ungkapnya

"KMD dan KML yang merupakan jenjang pendidikan dasar dan lanjutan untuk pembina sebagai anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka, melalui pelatihan ini diharapkan nantinya alumni Kursus, lebih mampu mengelola gugus depan dan peserta didik dengan lebih baik " Kata Abdul Khair SH MM yang akrab di sapa Kak Abdul.

Salah satu peserta asal Aceh, Aslina S.Pd, Mengaku senang menadapatkan kesempatan ikut kegiatan itu "Rutin setiap harinya, mulai subuh hingga malam, sejak pembukaan pada tanggal 26 kemarin, hingga penutupan pada dini pagi ini (31/8/2017), setelah melaksanakan ulang janji Pramuka. Tentu Banyak hal yang kami dapatkan dan terlalu panjang untuk dijelaskan dengan kata-kata, yang pasti setelah dari sini saya lebih siap mengaplikasikan apa yang saya dapat, untuk pembinaan Adik-adik Pramuka di Gudep saat kembali ke Aceh nantinya" tandas Aslina yang aktif membina Pramuka Putri SMA N 2 Bireuen. (R)