Inilah Hasil Sidang Paripurna Nasional Gerakan Pramuka 2017 -->

Inilah Hasil Sidang Paripurna Nasional Gerakan Pramuka 2017

Thursday, 23 February 2017

www.bidikkabar.com/2017/02/inilah-hasil-sidang-paripurna-nasional.html?m=1
BANDUNG - Sidang Paripur‎na  Nasional (Sidparnas) yang diadakan oleh Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka dibuka oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Bina Anggota Muda Budi Prayitno di Hotel Kitri, Bandung, Jawa Barat 19-21 Februari 2017.

Ketua DKN Yudha Adhyaksa mengatakan, ada empat poin yang dibahas dalam Sidparnas. Pertama, Pencapaian rencana kerja tahun 2016. Kedua, ‎pembahasan penyempurnaan petunjuk penyelenggaraan Raimuna Nasional dan Perkemahan Wirakarya. ‎ 
"Ketiga kita juga mengu‎raiankan program kerja tahun 2017-2018‎. Dan keempat kita memaksimalkan potensi publikasi program kerja Dewan Kerja‎," ujar Yudha.

Yudha menyebut, misalnya terkait Rainas 2017, DKN akan menggunakan sistem pendaftaran peserta secara online melalui portal www.dkn.pramuka.or.id. Batas waktu pendaftaran diberikan sampai tanggal 1 Juni 2017. Secara teknis sistem pendaftaran online ini akan bekerjasama UNICEF Indonesia. 

"Kita ingin merubah pendaftaran Rainas melalui sistem digital yakni secara online, tujuannya agar pengumpulan data peserta bisa dilakukan secara cepat dan akurat," jelasnya.
Sementara itu, Budi Prayitno dalam sambutanya sempat menyinggung tentang perlunya mereview kembali juklak, jukran terkait Pramuka Penegak dan Pandega, serta komunikasi antara Dewan Kerja dengan Kwartir. Hal itu merupakan tantangan yang harus dilakukan oleh anggota Pramuka dalam menjalankan aturan organisasi. ‎‎

"Mari Sidparnas ini bisa dimanfaatkan untuk berbagi gagasan,ilmu pengetahuan untuk kemajuan kualitas dan kuantitas pramuka penegak dan pandega se Indonesia".‎

Di kesempatan yang sama Baim Setiawan selaku Ketua Harian Kwarda Jawa Barat menyampaikan selamat datang di Kwarda Jabar. Ia berharap Sidparnas ini bisa dijadikan forum penting untuk menjalin komunikasi antara DKN dan DKD dalam menyusun program-program strategis. ‎
"Saya berharap Sidparnas kali ini bisa menghasilkan program yang luar biasa sehingga Pramuka Penegak dan Pandega di Indonesia akan lebih baik dan diminati oleh anggota Pramuka," jelasnya.

‎Peserta Sidparnas diikuti 77 anggota DKD dari 31 Kwartir Daerah. Pada Selasa (21/2) peserta mengunjungi Kantor Wali Kota Bandung dan diterima dengan senang hati oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Peserta Sidparnas juga menyempatkan berkunjung ke Musium Konfrensi Asia Afrika.(R)