Ka.Kanwil Kemenag Aceh Buka Kemah Pramuka Pesantren Se Aceh -->

Ka.Kanwil Kemenag Aceh Buka Kemah Pramuka Pesantren Se Aceh

Monday, 30 January 2017

www.bidikkabar.com/2017/01/kakanwil-kemenag-aceh-buka-kemah.html?m=1
Aceh Besar - Ka.kanwil Kemenag Aceh Daud Pakeh membuka acara perkemahan pramuka pesantren Se Aceh di pantai cemara lhok nga aceh Besar pada senin (30/1)

Perkemahan, dihadiri oleh gerakan pramuka pesantren dari berbagai kabupaten dan kota madya dalam provinsi Aceh.

Dalam sambutannya, saat membuka acara tersebut Daud pakeh mengapresiasi kegiatan santri-santri pesantren terutama bidang pendidikan pramuka yang berpotensi membangun karakte generasi bangsa.

Daud pakeh juga mengatakan kementrian agama selalu mendukung setiap kegiatan kepramukaan pesantren dan sekolah islam.

Kita akan mengajak dinas terkait untuk mengatur dan mengayomi serta membantu memfasilitasi kegiatan pramuka pesantren, Badan dayah, dinas syariat islam, kita akan ajak bekerja sama, tutur daud pakeh.

Selain itu, Ka.Kanwil Kemenag Aceh juga menginformasikan kepada seluruh peserta perkemahan bahwa bahwa tahun 2018 mendatang akan diadakan Perkemahan Santri Nusantara tingkat Nasional dan dicanangkan Aceh akan menjadi tuan rumah, diharapkan kepada seluruh santri pramuka Aceh agar mempersiapkan diri..

Pantauan media ini acara pembukaan perkemahan pramuka pesantren itu berlangsung khidmat ditutup dengan kunjungan bapak kanwil ke area perkemahan peserta.

Sementara Andika Novriadi, Spd.i  ketua panitia Perkemahan melalui laporan kepanitiaannya menyampaikan, bahwa SDM kepanitian Gerakan Pramuka Pesantren direkrut dari alumni-alumni pondok pesantren di wilayah Aceh dan Para asatiz pendidik di pondok pesantren, 

Dalam LP3 kali ini jumlah peserta mencapai 320 orang dari tingkat penggalang dan penegeak, yang berasal dari pesantren di berbagai kabupaten, diantaranya Al-Fityan,Babul magfirah, Oemardiyan, almanar, misbah, almuslim,Mujaddid, Babun Najah, ISS jantho, Al-azhar, az-zahrah, Almanar, Misbahul Ulum, Riab, Gontor, Shalahuddin.

Sejatinya dalam momen perkemahan pesantren biasanya dihadiri peserta kontingen mencapai 40 pesantren dan madrasah se-provinsi Aceh namun ada kemungkinan terhambat dengan program internal pondok dan kegiatan eksternal lainnya.

Andika menuturkan bahwa Kegiatan perkemahan ini diadakan dengan sumber dana murni dari iuran internal gerakan pramuka di pesantren-pesantren (tabungan pribadi adik-adik pramuka) 

"Kami harapkan dan sangat berharap kepada segenap elemen kepemerintahan di kabupaten dan provinsi untuk mendukung kami, membimbing kami serta mengarahkan kami untuk membangun karakter anak pesantren melalui jalur kepramukaan. Santri Aceh perlu dibina pergerakannya untuk lebih maju " Pungkas Andika dalam pemaparannya. 

Perkemahan pramuka pesantren yang disingkat menjadi LP3 ini. Menjunjung tinggi nilai syariat islam dan mengokohkan nilai silatutrahim antar santri dan pendidik pesantren,   tidak mencampurkan putra dan putri dalam satu kegiatan adalah ciri khas pramuka pesantren.. Untuk awal tahun diadakan khusus putra dan ditahun ajaran baru dicanangkan akan diselenggarakan LP3 khusus putri.

Dalam siaran pers kepanitiaan, dengan tegas andika menyatakan bahwa meskipun dalam perkemahan ini diadakan perlombaan namun perioritas utama adalah pembinaan ukhuwah antar kontingen. Saling berbagi ilmu dan pengalaman antar santri dan ustaz- ustaz pembina. Banyak manfaat yang didapatkan untuk menyokong semangat belajar dan mendidik.(R)