Rakor Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP-4) Bener Meriah -->

Rakor Badan Penasehatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP-4) Bener Meriah

Wednesday, 28 December 2016

www.bidikkabar.com/2016/12/rakor-badan-penasehatan-pembinaan-dan.html?m=1

Acara yang berlangsung tersebut  dihadiri oleh Kepala Kamenag Bener Meriah Drs. H. Efendi, M.Si, Staf Ahli Bupati Bidang Keagamaan Bener Meriah Usmar, perwakilan Ketua MPU Bener Meriah, Ketua MAA Bener Meriah Jafaruddin, Ketua BP-4 Bener Meriah Drs. H. Hamdani.

Plt Bupati Bener Meriah Drs. Hasanuddin Darjo, MM dalam arahannya menyampaikan, rapat koordinasi yang dilaksanakan pada hari ini adalah sebuah kegiatan yang amat penting untuk kita dan Kabupaten Bener Meriah, “tentunya, Insyaallah akan dapat memberikan dampak yang baik bagi upaya pemerintah untuk membangun dan melaksanakan serta memberikan pengarahan dan bimbingan kepada masyarakat kita, agar semua masyarakat kita yang tergabung dalam keluarga kelompok kecil dalam masyarakat kita menjadi keluarga yang  Sakinah Mawaddah Wararahmah,”ujarnya.

Kemudian kata Darjo kembali, selamat datang kepada peserta yang berasal dari berbagai pelosok dalam Kabupaten Bener Meriah selaku perwakilan dari masyarakat yang menangani BP-4, sehingga bagaimana mengupayakan agar perkawianan di Kabupaten Bener Meriah ini dapat berjalan dengan baik. Mudah-mudahan apa yang dilakukan saat ini dapat menjadi sesuatu yang positif dan nantinya rakor ini dapat memberikan makna yang penting bagi upaya kita memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat kita, terutama masyarakat kita yang sudah mulai memasuki masa usia dewasa yang memang keharusan menutur Nabi Muhammad SAW bahwa pernikahan itu adalah sesuatu yang diharuskan, sesuatu yang dianjurkan, tetapi kalau prosesinya tidak sesuai dengan ketentuan tentunya akan merugikan kepada pihak yang melakukan perkawianan itu sendiri.

Terkait pernikahan usia dini, Plt Bupati Bener Meriah itu meminta didalam rakor tersebut nantinya dapat menghasilkan sesuatu kesepaktan untuk melakukan promosi terkait pencegahan perkawinan usia dini. “apa lagi Kabupaten Bener Meriah pada bulan Januari 2017 akan mengelar tradisi pacuan kuda tradisional, hendaknya ajang tersebut dapat kita manfaatkan untuk mempromosikan atau menghimbau pencegahan perkawinan usia dini dalam bentuk Spanduk-spanduk.

“Saya berharap rakor ini dapat memberikan pemahaman dan wawasan yang luas, akan membangun paradikma kita yang baru, untuk menyusun langkah-langkah kecil yang bisa kita laksanakan untuk Kabupaten Bener Meriah ini menjadi lebih baik. Ini adalah investasi ibadah, investasi ibadah, investasi ibadah untuk memberikan yang terbaik bagi kehidupan anak-anak negeri ini dimasa yang akan dating,”pinta Plt Bupati Bener Meriah Drs. Hasanuddin Darjo, MM.

Sebelumnya, Ketua BP-4 Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Hamdani selaku ketua panita Rakor BP-4 dalam laporannya menyampaikan, Rakor ini di ikuti oleh pengurus BP-4 Kabupaten dan BP-4 Kecamatan di Bener Meriah, serta instansi dan lembaga terkait seperti Dinas Syariat Islam, Majelis Adat Gayo.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk membahas tentang isu-isu penting yang terkait dengan program BP-4 kabupaten dan program BP-4 kecamatan, dalam usaha menekan angka perceraian di wilayah Kabupaten Bener Meriah yang masih tinggi. Kegiatan ini mengambil tema “Kita Wujudkan Sinergi Program Kerja Dalam Menata Keberlangsungan Keluarga Yang Sakinah Mawaddah Wararahmah Bagi Masyarakat Bener Meriah”, terang Hamdani.

Dia menambahkan, selama melaksanakan program yang telah dilaksanakan dibiayai oleh Baitul Maal Kabupaten Bener Meriah sampai dengan Desember 2016 Baitul Maal Bener Meriah telah merealisasikan dana lebih kurang Rp 100.000.000, “ kami berharap tahun berikutnya sama dengan tahun –tahun sebelumnnya, kalaupun tidak lebih, kami harpkan sama dengan tahun yang sudah-sudah. BP-4 Bener Meriah juga sangat mengharapkan sumbangan ataupun dana bantuan dari Pemkab Bener Meriah,”pinta Ketua BP-4 Drs. H. Hamdani. (RD)