Pasangan Cabup dan Wacabup Bener Meriah Sepakati Pilkada Damai -->

Pasangan Cabup dan Wacabup Bener Meriah Sepakati Pilkada Damai

Saturday, 5 November 2016

http://www.bidikkabar.com/2016/11/pasangan-cabup-dan-wacabup-bener-meriah.html

REDELONG : Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah meminta pasangan calon bupati dan calon wakil bupati  untuk berkenan menjaga agar pelaksanaan pilkada tetap berjalan dengan damai. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri  acara deklarasi pilkada damai di Gedung Olahraga dan Seni Redelong, sabtu (5/11)

“Untuk menciptakan pelaksanaan pilkada damai, aman, dan sukses, maka pada kesempatan ini mari kita bersepakat untuk mendeklarasikan pilkada damai di Kabupaten Bener Meriah sebagai upaya untuk menyatukan tekad demi terwujudnya pelaksanaan pemilihan kondusif dengan saling menghargai hak sesame peserta pilkada,”pinta Drs. Hasanuddin Darjo, MM dihadapan ketujuh bakal calon pemimpin daerah Kabupaten Bener Meriah.

Dia juga tidak bosan-bosannya mengingatkan dan menyampaikan instruksi  Gubernur Aceh nomor 11 tentang netralitas PNS, bahwa PNS dilarang terlibat kegiatan kampanye, menggunakan fasilitas yang terkait dalam kampanye, membuat keputusan atau tindakan  yang menguntungkan dan merugikan salah satu pasangan calon, mengadkan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap peserta pilkada.

Drs. Hasanuddin Darjo, MM juga menyampaikan instruksi Gubernur Aceh nomor 12 tahun 2016 tentang netralitas imum mukim, perangkat mukim, gecik dan perangkat kampong. Bahwa imum mukim, perangkat mukim, gecik dan perangkat lain dalam pemerintahan kampong agar menjaga netralitas dalam penyelenggaran Pilkada, tidak ikut serta dalam kampanye, jika tidak menaati aturan ini, maka akan dikenakan sanksi menurut undang-undang yang berlaku.

“Kami sudah mencanakn dijajaran Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, bahwa birokrasi harus netral dan independen dalam pilkada, begitu juga dengan KIP dan Panwaslih. bagi jajaran PNS, ikut komando dari saya salam birokrasi netral, salam birikrasi netral.”ujar Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah itu.

Pintanya lagi, pihak penyelenggara dan Panwaslih harus penuh dengan integritas. Drs. Hasanuddin Darjo, MM berkeyakinan dengan birokrasi yang netral, pilkada yang berkualitas dapat menhasilkan pemimpin yang bermartabat.

“Mudah-mudahan dengan dimulainnya deklarasi ini akan tercipta suasana pilkada yang kondusif, aman dan berjalan baik seperti yang diharapkan akan menciptakan komunikasi yang positif antara sesam peserta pilkada dan pemangku kepentingan, karena dengan pilkada yang tertip dan aman, akan melahirkan demokrasi yang berkualitas, demokrasi yang berkualitas akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas dan dengan pemimpin yang berkualitas akan mempercepat pencapaian kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di kabupaten Bener Meriah sebagaimana yang kita harapkan bersama,”demikian Plt Bupati Kabupaten bener Meriah Drs. Hasanuddin Darjo.

Sementara itu Ketua KIP Bener Meriah Mukhtarudin menyampaikan, Komisi Pemilihan Independen (KIP) Bener Meriah akan berlaku adil dalam pelaksanaan pilkada, “KIP Bener Meriah berjanji tidak akan berpihak ke kandidat manapun, kami tidak akan kekanan dan kekiri, insyaallah kami akan berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku,”tegas Mukhtarudin.

Dia juga mengarapkan hal yang sama kepada seluruh penyelenggara pilkada baik PPK, PPS, dan KPPPS, dan panwascam, serta penyelenggara yang terkait agar menjaga independensi dan selalu menjaga integritas serta tidak sedikitpun keluar dari koridor atau tatanan lain sebagaimana yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kami menghimbau kepada masyarakat pemilih Bener Meriah gunakanlah hak pemilih yang telah diberikan Negara kepada kita dengan cara seadil-adilnya dan bijak sana, jangan golput…jangan golput…dan jangan golput,”pinta Ketua KIP Bener Meriah Mukhtarudin.


Pantauan dilapangan ketujuh para pasangan calon bupati, calon wakil bupati periode 2017-2022 serta Plt Kabupaten Bener Meriah, Forkopimda, pihak KIP dan Panwaslih membubuhi tanda tangan di prasasti deklarasi pilkada damai, dan dilanjutkan dengan pelepasan burung merpati pertanda dimulainya kampanye damai.[BD]