Disdik dan Para Guru di Nagan Raya Ikut Pelatihan Pramuka -->

Disdik dan Para Guru di Nagan Raya Ikut Pelatihan Pramuka

Tuesday, 29 November 2016

www.bidikkabar.com/2016/11/disdik-dan-para-guru-di-nagan-raya-ikut.html?m=1

Nagan Raya - Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya bekerjasama dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Nagan Raya sejak tanggal 29 Nopember 2016 sampai dengan 2 Desember 2016 melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pramuka bagi Guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di Alun Alun Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya dengan jumlah peserta sesuai dengan laporan ketua panitia sebanyak 170 orang dan dibagi dalam 2 kelas belajar.

Pembukaan Latihan dilaksanakan di Aula SKB Nagan Raya oleh sekretaris Dinas Pendidikan Bapak Bukhari Id, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan Pendidikan Kepramukaan merupakan Ekstrakurikuler Wajib dalam kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud 063 tahun 2014 dan diterapkan pada jenjang satuan Pendidikan baik Dasar maupun Menengah.

Dalam penerapannya di satuan pendidikan dengan 3 sistem yaitu Blok, Aktualisasi dan Reguler.

Sistem Blok adalah sistem Orientasi yang untuk SD dilakukan sebanyak 18 Jam , sementara untuk SMP/SMA 36 jam dengan Pola berkemah, dimana kepada perserta didik diberi pengenalan pengenalan baik Sekolah dan Pendidikan Kepramukaan di Alam terbuka. Untuk Aktualisasi maka setiap mata pelajaran bersinerji dengan Pendidikan Kepramukaan dan diberikan selama 2 jam setiap minggunya, sementara untuk Reguler merupakan pelatihan rutin yang dilakukan di Gudep bagi anggota yang secara sukarela menjadi anggota Pramuka.

Untuk itu Kepala Dinas Pendidikan Nagan Raya yang diwakili sekretaris Dinas Pendidikan mengharapkan para peserta benar benar mengikuti pelatihan ini, karena sangat penting bagi mereka nantinya di saat kembali di sekolahnya masing masing, sehingga semua biaya yang disediakan setimpal dengan pengetahuan yang didapat dan kelak di aplikasikan di satuannya masing masing.

Nara sumber pada pelatihan ini berasal dari Kwartir Cabang Nagan Raya sendiri dan juga 2 orang dari Kwarcab Aceh Jaya dan 1 orang dari Kwarcab Banda Aceh, dengan materi tentang dasar dasar Kepramukaan dan ketrampilan ketrampilan kepramukaan baik Siaga maupun Penggalang demikian disampaikan Ismail Roy NS, S.Pd yang merupakan Kapusdiklatcab Nagan Raya.(Her/R1)