http://www.bidikkabar.com/2016/11/cara-agar-tidak-ngorok-ketika-tidur.html


1. Turunkan Berat Badan

Ngorok biasanya identik dengan orang bertubuh gemuk akibat melebarnya jalur pernapasan ketika tidur. Tapi dengan menurunkan berat badan, otomatis dapat membuat mengurangi jaringan lemak di tenggorokan sehingga akan mencegah atau menghentikan tidur ngorok kamu setiap malam. 

2. Olahraga

Olahraga rutin selain membantu untuk menurunkan berat badan, juga bisa melatih dan mengencangkan otot-otot di tenggorokan, sehingga dapat mencegah tidur mendengkur.


3. Tidur Menyamping
Usahakan untuk selalu tidur menyamping setiap malam. Sebab, posisi tidur terlentang juga bisa menyebabkan lidah dan jaringan lunak lain dalam mulut menekan dan menghambat saluran udara pernapasan yang bisa menimbulkan suara dengkuran setiap tidur.

4. Meninggikan Posisi Kepala
Atur posisi kepalamu lebih tinggi dari tempat tidur, ini berguna agar rahang bagian bawah kamu akan lebih rileks dan lidah akan lebih kedepan, sehingga tidak mengganggu aliran pernapasan ketika tidur.

5. Menghindari Rokok dan Alkohol
Kita tahu bahwa merokok dapat menyebabkan saluran pernapasan terhambat karena lendir yang berlebih atau pembengkakan pada jaringan tenggorokan. Begitu pula dengan minuman beralkohol, yang dapat membuat otot-otot di sekitar tenggorokan menjadi lemas/rileks, yang juga dapat menyebabkan kamu seringkali tidur ngorok setiap malam.

Disadari atau tidak, ngorok atau mendengkur sedikit banyak juga dipengaruhi oleh kebiasaan kita. Nah, mulai sekarang coba lakukan cara-cara tersebut untuk atasi tidur ngorok di malam hari [berbagai sumber]