Seorang Oknum Anggota Polisi Terlibat Peredaran Uang Palsu -->

Seorang Oknum Anggota Polisi Terlibat Peredaran Uang Palsu

Thursday, 20 October 2016

http://www.bidikkabar.com/2016/10/seorang-oknum-anggota-polisi-terlibat.html
Yogyakarta : Seorang oknum anggota Polisi berpangkat Komisaris Polisi yang bertugas di Polda DIY, ditangkap jajaran reskrim Polres Gunungkidul karena mengedarkan uang palsu senilai puluhan juta rupiah.

Kepala Satuan Reserse dan Kiminal Polres  Gunung kidul  Ajun Komisaris Polisi Mustijad Priyambodo kepada wartawan mengatakan, pelaku berinisial MY adalah seorang oknum anggota polisi aktif yang masih bertugas di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Warga Sayegan Sleman ini berhasil diringkus jajaran reskrim Polsek Saptosari dan Polres Gunungkidul saat beraksi mengedarkan uang palsu di sejumlah warung di Kecamatan Panggang dan Saptosari.

Namun aksi pelaku diketahui petugas setelah salah satu pemilik warung curiga dengan uang yang digunakan pelaku untuk transaksi jual beli dan langsung melaporkan ke Polsek Saptosari yang kemudian meringkus pelaku bersama seorang wanita berinisal NF.

"Modus yang dipergunakan pelaku dengan cara membeli barang menggunakan uang palsu Rp100 ribu," kata Kasat Reskrim Polres Gunungkidul. 

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul AKP Mustijad Priyambodo menambahkan, bersama pelaku, polisi juga menyita uang palsu senilai total Rp71.600.000 yang belum sempat diedarkan serta uang asli hasil kembalian transaksi pembelian, selain itu juga pistol jenis air soft gun tanpa ijin dan plat nomor mobil yang juga palsu yang digunakan oleh pelaku.

Dari keterangan pelaku, uang palsu didapat dari hasil penjualan kayu milik pelaku oleh seseorang yang dibayar menggunakan uang palsu.

Sampai saat ini polisi mesih mengembangkan penyelidikan asal-usul upal milik pelaku dan kemungkinan jaringannya. Akibat perbuatannya pelaku terancam pasal 36 ayat 3 undang-undang nomor 7 tentang pemalsuan uang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (WIB/BSL/WDA/RRI)