Festival Bahari Kepri 2016, Sukses -->

Festival Bahari Kepri 2016, Sukses

Monday, 31 October 2016

http://www.bidikkabar.com/2016/10/festival-bahari-kepri-2016-sukses.html
KepriFestival Bahari Kepri yang menjadi rangkaian Sail Karimata 2016 berlangsung meriah. Selain  menarik perhatian para pemilik kapal pesiar nasional dan memecahkan  rekor kedatangan yachter pada event berbasis laut sebelumnya, pada festival ini juga dimeriahkan banyak kegiatan.
Amatan media ini, tuan rumah penyelenggara even Sail Karimata 2016, Kepulauan Riau sudah menggelar 32 rangkaian kegiatan.
Dimulai 20 Oktober 2016 dan berakhir pada 30 Oktober 2016, Festival Bahari Kepri  diawali dengan perang melawan sampah di laut dengan tema eco heroe.
Selama dua hari dimulai 21 Oktober, panitya juga menggelar Dragon Boat Races atau lomba perahu naga Internasional yang diikuti oleh beberapa negara dan daerah.
Masih banyak acara lain, seperti  pembacaan gurindam, kuliner, dan lomba marching band se-kepulauan Riau.

Kadispar Kepri, Guntur Sakti berharap masyarakat Kepri perlu kerja keras agar potensi wilayah laut yang dimiliki Kepri dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.
“Fstival bahari ini hanya sebuah momentum, hanya sebuah tontonan sesaat untuk meraih sebuah mimpi besar beberapa tahun kedepan,”ujar Guntur.
“Kepri itu berbeda dengan provinsi yang lain, karena 96 persen kami ini air, empat persen darat, jadi sekarang saatnya harus insaf, kami harus memandang laut sebagai destinasi baru,” tambahnya.
Guntur Sakti juga menambahkan, tantangan terbesar untuk menjadikan Kepri sebagai gerbang wisata bahari Indonesia selain sarana, prasarana dan regulasinya juga dibutuhkan manajemen tata kelola perizinan yang juga harus tourist friendly terkait pemanfaatan wisata pantai, bentang laut dan bawah laut dimana ketiga zona tersebut dimiliki oleh Kepri.
Selama pegelaran festival, tampak beberapa masyarakat menggunakan kostum kostum bergambarkan perahu-perahu sesuai dengan kegiatan festival tersebut.
Kegiatan ini juga berdampak pada geraknya perekonomian masyarakat terlebih para pedagang yang  berjualan dekat area kegiatan festival itu;
Dengan kerja keras semua komponen masyarakat Kepri tersebut, diharapkan mimpi menjadikan Kepri sebagai gerbang wisata bahari Indonesia benar-benar bisa terwujud. (BP/AKS/rri)