Bahan Bakar Terbuat Dari Encang Gondok Jadi Juara Pada Kompetisi Kewirausahaan Pemuda Asia dan Eropa di-Jakarta -->

Bahan Bakar Terbuat Dari Encang Gondok Jadi Juara Pada Kompetisi Kewirausahaan Pemuda Asia dan Eropa di-Jakarta

Monday, 31 October 2016

http://www.bidikkabar.com/2016/10/bahan-bakar-terbuat-dari-encang-gondok.html

Jakarta - Memuncaki rangkaian ASEM First Youth Entrepreneurial Meeting: Passion-preneurs’ Challenge Towards 20 Years of Asia Europe Meeting (ASEM) di Jakarta, 25-28 Oktober 2016, Grand Final telah diadakan di Kementerian Luar Negeri pada 28 Oktober 2016. Acara ini ditujukan untuk memilih juara pertama dan juara favorit. Acara ini turut dihadiri Perwakilan Kedutaan Besar negara Asia dan Eropa, Badan Ekonomi Kreatif, danPemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Acara yang dihadiri sekitar 250 orang ini, diawali dengan Grand Seminar yang bertema passion-based sociopreneurship for youth dengan narasumber Prof. Rhenald Kasali. Telah dibahas pentingnya semangat kewirausahaan bagi generasi muda serta strategi untuk mengatasi tantangan dalam berwirausaha.

Dalam sambutan pembukaan, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Duta Besar Muhammad Anshor telah menegaskan kembali tekad Pemerintah RI untuk memperkuat kepemimpinan Indonesia untuk memberdayakan potensi generasi muda Asia dan Eropa. Mewakili Kepala Bekraf, Bapak Rossalis Adenan, Direktur Hubungan Antar Lembaga Luar Negeri telah menyatakan arti penting acara ini guna menggerakkan ekonomi kreatif dalam rangka peningkatan produktivitas ekonomi nasional.

Telah terpilih lima tim terbaik dari 20 tim yang berasal dari 13 negara Asia dan Eropa yang berkompetisi diGrand Final. Kelima tim ini yaitu HiGi Energy (Malaysia), Modular Coffee System (Malaysia-Tiongkok),berkelana.org (Indonesia), Workloc (Ceko-Slovakia), dan Artville (India). Setelah mempresentasikan ide-ide bisnis kreatif dan inovatif, mereka diuji dan terlibat dialog interaktif dengan Prof. Rhenald Kasali (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia), Bapak Odo Rene Mathew Manuhutu (Direktur Sesparlu, Kemlu), dan Aryo Moedanton (CEO Anakmuda.net).

Pada akhirnya, dewan juri menetapkan Jackie Yap Chee Wei dari HiGi Energy dengan ide bahan bakar ramah lingkungan dari eceng gondok sebagai Juara Pertama. Katerina Reslova dari Ceko dan Natalia Polakova dari Slovakia dengan ide bisnis aplikasi lapangan kerja terpilih sebagai Juara Favorit. Para juara telah mendapatkan penghargaan dari Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri.

Acara Grand Final ini telah dimeriahkan pula dengan tarian dan musik tradisional Betawi serta kehadiran Abang dan None Jakarta, atas dukungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pentas budaya ini mendapatkan sambutan hangat dari peserta dan hadirin.

Acara ASEM Passion-preneur ini merupakan inisiatif Indonesia yang pertama kalinya dalam kerangka kerja sama Asia dan Eropa. Acara ini telah terbukti mampu menggerakkan antusiasme generasi muda Asia dan Eropa untuk saling membangun networking serta berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam membangun bisnis awal (start-up business). Melihat hal ini, Pemerintah Indonesia mengindikasikan keinginan untuk menjadikan acara ini sebagai acara tahunan serta berupaya menghadirkan keterwakilan generasi muda Indonesia dari berbagai daerah yang lebih luas. [gun]