Wapres JK Buka Rakernis PMI Tahun 2016, Perkuat Kinerja dan Pelayanan PMI -->

Wapres JK Buka Rakernis PMI Tahun 2016, Perkuat Kinerja dan Pelayanan PMI

Wednesday, 7 September 2016

Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meresmikan pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) bidang kesehatan, rumah sakit, dan sosial Palang Merah Indonesia (PMI) di Istana Wapres, Jakarta. Wapres Jusuf Kalla mendorong peningkatan kinerja dan pelayanan PMI kepada masyarakat dengan mengedepankan prinsip kemanusiaan dan sukarela.

Wapres Jusuf Kalla menyatakan, PMI juga harus mendorong untuk menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat agar membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan, sehingga kegiatan sukarela yang menjadi tugas PMI diharapkan akan menjadi karakter masyarakat untuk selalu saling membantu dan tolong menolong sesama manusia.

"Kita harus bekerjasama, relawan PMI, upaya sosial masyarakat, PMI bekerja luar biasa dalam kedaruratan, PMI disamping bekerja sosial juga spirit kemanusiaan, mendidik kesukarelawan, mengajarkan arti kemanusiaan," ungkap Wapres Jusuf Kalla saat membuka Rakernis PMI tahun 2016 di Istana Wapres, Jakarta, pada Rabu (7/9/2016).

Rakernis ini bertujuan guna tercapainya pelayanan kesehatan yang terpadu berkerja sama dengan Pemerintah dan sektor swasta. Adapun secara umum di bidang kesehatan, rumah sakit, dan sosial, PMI telah melayani sebanyak 4.447.654 penerima manfaat yang telah menerima bantuan di bidang kesehatan darurat, air dan sanitasi, pelayanan sosial dan pelayanan kesehatan masyarakat.

PMI mempunyai berbagai sarana pendukung dan infrastruktur diantaranya terdapat 327 unit mobil ambulans yang tersebar pada seluruh Provinsi di Indonesia, 63 unit truk tangki air, 10 unit peralatan perjernih air, dan 2 klinik lapangan. PMI juga diperkuat dengan sumber daya PMI sebanyak 56.476 personil non medis terlatih, 2.214 personil air dan sanitasi berbasis masyarakat, dan 1.847 personil layanan kesehatan di bidang HIV dan teman sebaya.

Turut hadir dalam pembukaan Rakernis PMI tahun 2016 diantaranya, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Direktur Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, serta Ketua Bidang Kesehatan, Rumah Sakit dan Sosial PMI Farid Husain. (RRI)