Kemah Budaya Nasional 2016 Berlangsung di Bangka Belitung 19-23 september 2016 -->

Kemah Budaya Nasional 2016 Berlangsung di Bangka Belitung 19-23 september 2016

Wednesday, 21 September 2016

Belitung – Kemah budaya nasional ke-7 tahun 2016 ‎‎resmi dibuka oleh Dirjen kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kak Hilmar Farid  di Bumi Perkemahan Pramuka, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Senin 19 September 2016.
Acara pembukaan dihadiri para Pimpinan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang diwakili oleh Wakil Ketua Lingkungan Hidup Kak Abdul Sobur, Waka Bina Anggota Muda Kak Susi Yuliati dan Waka Kominfo Kak Lusia Adinda Lebu Raya. Serta dihadiri Ka Mabicab Kak Karyadi Sahiman dan Ketua Kwarcab Belitung.
Sesuai dengan tema besar dari kemah budaya tahun ini ”Mewujudkan Generasi yang Mandiri, Berdaya Saing dan Berkarakter” Kak Hilmar berharap Pramuka selalu menjadi pemersatu dari keberagaman budaya Indonesia.

“Saya harap kalian yang terpilih dari yang terbaik pulang membawa semangat baru untuk melestarikan kebudayaan Indonesia,” pesannya.
Sementara Kak Sobur dalam sambutanya mewakili Kwarnas menyampaikan bahwa Kemah Budaya Nsional kali inilah yang akan menjadi wahana saling memahami satu budaya dengan budaya lainnya, “dengan harapan para pramuka penggalang akan menjadi duta budaya yang akan mewujudkan budaya nasional” tuturnya.

Hal yang sama juga di ungkapkan oleh Direktur Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Triana Wulandari, ia menyatakan kemah ini merupakan wahana pertemuan pramuka penggalang untuk menanamkan dan menumbuh kembangkan nilai-nilai sejarah dan budaya bangsa, membina persaudaraan, mempererat persatuan, dan kesatuan serta wadah pembinaan karakter bangsa serta jiwa kemandirian.
Kemah ini berlangsung sampai 23 September dengan jumlah peserta  614. (Humas Kwarnas)