Amerika - Israel Tandatangani Kesepakatan Bantuan Militer 10 Tahun -->

Amerika - Israel Tandatangani Kesepakatan Bantuan Militer 10 Tahun

Friday, 16 September 2016


Amerika Serikat sebelumnya memberikan bantuan ke Israel setiap tahunnya sebesar 3 miliar dolar. Namun mulai tahun 2019 bantuan itu ditingkatkan menjadi 3,3 miliar dolar per tahun.
Amerika Serikat dan Israel menandatangani kesepakatan bantuan militer 10 tahun. Kesepakatan yang ditandatangani di kantor Departemen Luar Negeri Amerika Serikat itu, Rabu, akan memberi Israel bantuan senilai 38 miliar dolar dari tahun 2019 hingga 2028.
Amerika Serikat sebelumnya memberikan bantuan ke Israel setiap tahunnya sebesar 3 miliar dolar. Namun mulai tahun 2019 bantuan itu ditingkatkan menjadi 3,3 miliar dolar per tahun. Selain itu, AS juga akan memberikan bantuan tambahan sebesar 500 juta dolar per tahun untuk sistem pertahanan misil Israel.
Jacob Nagel, penjabat penasehat Dinas Keamanan Nasional Israel, mengatakan, paket bantuan itu memungkinkan Israel membela dirinya dengan lebih baik terhadap berbagai ancaman.
"Isarel yang kuat adalah tonggak kestabilan di Timur Tengah yang bergejolak dan mitra penting dalam perang melawan kekuatan terorisme dan ekstrimisme di kawasan itu dan kawasan diluarnya," katanya.
Paket bantuan itu merupakan hasil perundingan berbulan-bulan antara AS dan Israel, yang mencakup sebuah persyaratan yang harus dipenuhi Isarel yang membuat marah sejumlah anggota Kongres AS.
Israel sepakat untuk menggunakan bantuan itu untuk membeli persenjataan buatan AS dan setuju untuk tidak melobi Kongres agar mendapat tambahan dana. [ab/lt] (VOA)