Maskot dan Jadwal PON XIX Tahun 2016 Jawa Barat -->

Maskot dan Jadwal PON XIX Tahun 2016 Jawa Barat

Tuesday, 30 August 2016

BANDUNG - Maskot PON XIX Tahun 2016 yang berlangsung di Jabar pada 17-29 September 2016 adalah Surili - sejenis kera (Presbytis comata) - primata asli Jawa Barat yang saat ini populasinya hanya 4.000 - 6.000 ekor. Keberadaannya hanya dikawasan hutan konservasi Taman Nasional Gede Pangrango.
 Sebagai maskot PON, "Surili" didandani dengan memakai "Iket" sebagai ciri masyarakat Jawa Barat yang memiliki karakter nilai luhur ke-Jawa-Baratan, yaitu : "Cageur, Bageur, Bener dan Pinter", jelas Wagub dalam sambutan Launching 888 Hari Jelang PON XIX 2016, Jum'at (4/4) di Halaman Gedung Sate Bandung.
"Adapun 'Kujang' yang menjadi Logo PON sebagaimana tercantum pada naskah kuno Sanghyang Siksa Ng Karesian (1518 M) merefleksikan ketajaman dan kritis dalam kehidupan sekaligus melambangkan kekuatan dankeberanian masyarakat Jawa Barat".
Oleh karena itu, nilai filosofi dari maskot dan logo PON XIX ini diharapkan dapat diterapkan pada insan olah raga yang pada akhirnya akan melahirkan masyarakat Jabar yang unggul prestasi dan berkontribusi pada masyartakat yang lebih luas, jelas Wagub.
Wagub mengajak, pelaksanaan PON XIX ini dijadikan kesempatan bagi Jawa Barat untuk tidak hanya mengembangkan prestasi olah raga saja, namun lebih daripada itu, yaitu menjadi ajang kampanye untuk melindungi keberadaan hewan Surili  agar tetap lestari. Ajang empat tahunan ini dapat dimanfaatkan sebagai moment untuk lebih mempromosikan serta mengembangkan aspek ekonomi dan pariwisata yang merupakan salah satu sektor andalan Jawa Barat, demikian harapan Wagub Deddy Mizwar. (zf)